Mangkokan - Daun Mangkokan Ciri dan Cara Memanfaatkan Daun Mangkokan

Sahabat Bergaya, Mangkokan atau Daun Mangkokan memiliki banyak nama yang berbeda di beberapa tempat, diantaranya di Sunda Mangkokan atau daun mangkokan lebih dikenal dengan nama Mamanukan, di Jawa Mangkokan atau daun mangkokan dikenal dengan nama Godong Mangkokan, di Roti dikenal dengan nama lanido, ndalido, ranido, ndari, di daerah Ambon Mangkokan atau daun mangkokan dikenal masyarakat dengan nama ai lohoi, ai laun niwel, daun koin, daun papeda, sedangkan di Sumatra Mangkokan atau daun mangkokan terkenal dengan nama daun koin, daun mangkok, memangkokan, daun papeda, pohon mangkok, di Menado disebut Daun mangkok, orang Makassar menyebutnya dengan mangko-mangko, di wilayah Halmahera Mangkokan atau daun mangkokan juga disebut dengan Goma matari, sawoko, Ternate dengan nama rau paroro, Tagalog Mangkokan atau daun mangkokan disebut Platitos, sedangkan dalam bahasa inggris Mangkokan atau daun mangkokan disebut saucer leaf, shell leaf. Sedangkan untuk keluarganya sendiri Mangkokan atau daun mangkokan masuk dalam Familia Araliaceac.
Bagian Daun Mangkokan

Tumbuhan Daun Mangkokan

Mangkokan atau daun mangkokan (Polyscias scutellaria) merupakan salah satu tumbuhan hias pekarangan dan tanaman obat yang relatif populer di Nusantara. Namanya mengacu pada bentuk daunnya yang melengkung serupa mangkok. Semak yang tumbuh di daerah tropika, asal dari Pasifik Baratdaya, yang dapat mencapai ketinggian 6 m. Mangkokan dikenal sebagai tanaman berkhasiat peluruh, antiseptik, dan deodoran. Bagian yang dipakai adalah daun dan akarnya. 

KANDUNGAN KIMIA : kandungan daun mangkokan antaralain Batang dan daun mengandung kalsium-oksalat, peroksidase, amygdalin, fosfor, besi, lemak, protein, serta vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C

BAGIAN YANG DIGUNAKAN : Akar dan daun. 

INDIKASI : Akar dan daun mangkokan berkhasiat untuk mengatasi: 
  • Radang payudara
  • Pembengkakan dan melancarkan pengeluaran ASI
  • Rambut rontok, 
  • Susah buang air kecil / Sukar kencing, 
  • Bau badan, dan
  • Luka. 

CARA PEMAKAIAN : Ambil daun secukupnya lalu direbus dan diminum. Untuk pemakaian luar, daun tua digiling halus, dan dipakai secara tepat. 

CONTOH PEMAKAIAN MANGKOKAN / DAUN MANGKOKAN
  1. Manfaat tanaman Mangkokan untuk mengobati Radang payudara, pembengkakan disertai bendungan ASI : Daun mangkokan tua secukupnya diremas dengan minyak kelapa dan sedikit kunyit yang telah diparut. Panaskan di atas api, hangat-hangat ditaruh pada payudara yang membengkak. 
  2. Mangkokan untuk mengobati Luka : Daun mangkokan segar secukupnya dicuci bersih lalu digiling halus. Taruh di atas luka, lalu dibalut. Ganti 2 - 3 kali sehari. 
  3. Mangkokan untuk mengobati Susah buang air kecil (Sukar-kencing) : Daun mangkokan tua yang masih segar direndam dalarn air panas beberapa saat. Angkat, lalu hangat-hangat dikompreskan pada perut bagian bawah. 
  4. Mangkokan untuk mengobati Rambut rontok : Daun mangkokan tua yang masih segar secukupnya setelah dicuci bersih lalu digiling halus. Tambahkan sedikit minyak kelapa sambil diaduk sampai seperti bubur. Kernudian saring dan peras. Hasil perasan dioleskan pada kulit kepala sambil dipijat ringan. Biarkan sampai mengering, lalu rambut dicuci sampai bersih. Lakukan setiap hari. 
Semoga Informasi mengenai  Mangkokan - Daun Mangkokan Ciri dan Cara Memanfaatkan Daun Mangkokan ini dapat menambah wawasan dan memberikan pengetahuan kepada kita semua, alam menyediakan segalanya bagi kita dan sudah kewajiban kita untuk menjaga dan melestarikannya.
dari berbagain sumber
image by : www.bergaya.info