Tips Mengatasi Demam Panggung, Malu, Minder

Demam panggun, Minder, tidak Percaya Diri merupakan perasaan yang mungkin pernah atau bahkan sering  kita alami ketika menghadapi situasi tertentu. Berikut ini beberapa tips untuk menghadapi situasi Tidak Percaya Diri, minder, malu dan kawan-kawannya... :)
penuh percaya diri


Merubah Sudut Pandang
Ubahlah sudut pandangmu - Percaya deh kalau rasa percaya diri itu bukan hanya datang dari wajah yang cantik atau tampan. kekayaan yang melimpah kepintaran ataupun status sosial yang tinggi. Rasa minder atau kurang percaya diri itu datang karena kita mungkin lebih memfokuskan diri pada sisi negatif atau kekurangan kita. Merasa diri nggak menarik dan mengabaikan kelebihan yang dimiliki. Takut terhadap penolakan atau cemooh orang terhadap apa yang kita lakukan. Padahal setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Cobalah sekarang kamu ubah sudut pandang mengenai dirimu. dan fokuskan pada kelebihan yang kamu miliki.

Memperluas Wawasan dan Pergaulan
Perluas wawasan dan pergaulan - Jangan hanya bersembunyi dibalik buku saja.. Selain perluas wawasan dengan membaca Banyak banyaklah mengupdate berbagai informasi biar kalau diajak ngobrol nyambung.. Perluas juga pergaulanmu. Sering bergaul dengan orang-orang yang nggak kaku dan selalu berpikir optimis juga bisa membawamu lebih percaya diri.

Berani Menatap saat Berinteraksi
Tataplah - Rileks saja ketika kamu berintekasi dengan oranglain. Meskipun kamu harus berhadapan dengan orang paling populer sekalipun. Tataplah mata lawan bicaramu. Jika kamu nggak bisa menatap matanya karena kalah dengan rasa rendah dirimu cobalah untuk menatap batang hidung lawan bicaramu. Orang tidak akan menyadari bedanya kalau kamu hanya menatap batang hidungnya saja. Nah jika kamu sudah lebih percaya diri mulailah untuk menatap mata lawan bicaramu. Latihlah terus agar kamu bisa mengalahkan rasa mindermu.

Mensyukuri apa yang kita miliki
Bersyukur - Kenapa bersyukur? Pada dasarnya orang yang suka merasa minderan lebih melihat ke “wah”-an orang lain. Sibuk membanding-bandingkan keberhasilan dan keunggulan oranglain dari dirinya. Padahal sejatinya setiap manusia memiliki kelebihan dan keunikan masing-masing. Orang yang minder biasanya cenderung lebih bisa menghargai oranglain dibanding menghargai dirinya sendri. Hargailah dirimu dan syukurilah apa yang Tuhan berikan padamu. Galilah potensimu dan yakinlah kalau kamu memiliki sesuatu yang dapat kamu banggakan.

Beranikan diri untuk Lebih Aktif
Lebih aktif - Kalau ibaratnya sebelumnya kamu hanya lebih suka menjadi penonton coba deh sekarang kamu menjadi pemeran.. Aktiflah diberbagai organisasi.. Perbesarlah peranmu diantara kawan-kawanmu. Misalnya menjadi panitia suatu acara mengikuti club ataupun komunitas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 

Sahabat Bergaya