Cara Instal Laptop Baru step by step

Bagaimana cara instal laptop baru anda. Senang mempunyai laptop baru, tetapi bingung ya cara instal laptop baru nya. Yang harus dipersiapkan pertama adalah laptop (tentu saja), kemudian siapkan cd driver laptop dan cd windows (original recommended). Selanjutnya kita siap untuk menginstal laptop, berikut urutan cara instal laptop baru anda.

Cara Instal Laptop Baru step by step:

1. Nyalakan laptop, kemudian masuk ke menu bios dengan cara menekan tombol 'del' saat laptop mulai menyala.
2. Setelah masuk ke menu bios, pilihlah menu boot. Di sini kita harus memilih boot device dengan urutan pertama adalah CD/DVD ROM, dan save setting bios. Jadi pada saat laptop dinyalakan, otomatis akan membaca CD/DVD ROM yang sudah dimasukkan CD Windows, dan kemudian akan berlanjut cara instal laptop tahap selanjutnya ini.
3. Masukkan CD Windows ke dalam CD/DVD Rom, kemudian restart laptop.
4. Ketika laptop baru menyala, tunggu beberapa saat dan akan muncul tulisan "press any key bla bla bla..." tekan saja sembarang tombol di keyboard, (enter misalnya).
5. Proses loading... kemudian akan muncul tiga pilihan, enter saja untuk memilih To set up Windows XP now, press ENTER.
6. Kemudian akan muncul halaman license agreement, tekan saja tombol F8.
7. Kita asumsikan bahwa hardisk laptop sudah terpartisi biasanya dan seharusnya ada dua partisi, menjadi partisi C dan partisi D. Bila belum baca dulu: cara membuat partisi hardisk baru (cooming soon...).
8. Pilih pada partisi C dengan menggunakan tombol anak panah naik turun pada keywboard.
9. Selanjutnya akan muncul pilihan untuk melakukan format hardisk, pilih saja "format the partision using the NTFS file system, enter dan tunggu loading.
10. Sampai tahap cara instal laptop baru ini, kita tinggal menunggu saja. Akan ada proses format hardisk pada partisi C sampai proses selesai 100 persen, kemudian otomatis dilanjutkan copy file windows dari CD Windows, tunggu sampai proses copy selesai.
11. Saat proses copy file windows ke hardisk selesai, laptop akan otomatis restart, untuk mempercepat nya tekan saja tombol ENTER.
12. Setelah laptop restart, akan muncul kembali pilihan seperti tahap nomor 4, jangan tekan tombol apapun, biarkan saja dan otomatis proses instal laptop akan berjalan, dan kita hanya suruh menunggu sampai tahap selanjutnya.
13. Saat proses copy file Windows sudah selesai, tunggu sampai ada perintah "Regional and Language Option", pilih saja NEXT.
14. Selanjutnya ada pilihan untuk mengatur waktu (jam), pilih di menu dropdown nya : (GMT+7:00 Bangkok, Hanoi Jakarta) dan tekan NEXT.
15. Pada tahap cara instal laptop baru selanjutnya adalah, kita harus memasukkan Product Key, atau biasa kita sebut dengan serial number Windows, masukkan dan tekan NEXT.
16. Tahap selanjutnya adalah memasukkan nama kamu dan nama organisasi kamu, tulis saja terserah dan NEXT.
17. Tahap berikutnya mengisi computer name dan administrator password, abaikan saja atau isi tetapi harus diingat-ingat administrator password nya, NEXT.
18. Kemudian masuk ke menu Networking setting, biarkan saja seperti bawaan aslinya, tekan NEXT.
19. Selanjutnya muncul menu Workgroup or Computer Domain, biarkan saja seperti default Windows, tekan NEXT.
20. Selanjutnya kita tinggal menunggu saja, proses sedang berjalan.
21. Sampai muncul tulisan Display Setting "To improve the appereance... bla bla bla..." tekan saja tombol OK.
22. Muncul lagi tulisan Monitor Setting "Windows adjusted your screen... dst..." tekan tombol OK lagi.
23. Tunggu beberapa saat, dan tratatataa... Windows kita sudah siap sekarang dan proses cara instal laptop baru kita sudah selesai, dan kita bisa untuk memulai instal program lain yang diperlukan.

Wah, panjang sepertinya ya, tetapi tidak susah sebenarnya cara instal laptop baru ini. Hanya karena dibuat jadi tutorial tulisan jadi terlihat panjang dan ribet. Tenang saja, selama semua hardware normal tidak ada masalah, kita pasti bisa sukses mempraktekkan cara instal laptop baru ini, selamat mencoba.